PERESMIAN SALUT JANUR BEKASI: MEMPERMUDAH AKSES LAYANAN INFORMASI MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA

Bekasi, 30 Januari 2025 – Universitas Terbuka (UT) kembali memperluas jangkauan layanannya dengan meresmikan Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Janur Bekasi yang berlokasi di Jalan Simpang Tiga Buniayu No. 51, Sukaraya, Karangbahagia, Kab. Bekasi. Kepala Sentra Layanan UT (SALUT) Kabupaten Bekasi adalah Drs. H. Juhara, M.Pd. Peresmian Salut ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas layanan informasi akademik bagi mahasiswa UT yang berdomisili di wilayah Kabupaten Bekasi dan sekitarnya.  

Acara peresmian SALUT Kabupaten Bekasi dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka, Dr Mohamad Yunus, Wakil Rektor Universitas Terbuka (UT) Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Prof. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si, Direktur UT Jakarta, Ir. Edward Zubir, M.M, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi yaitu Drs. Herry Herlangga, para camat, korwil pengawas sekolah, kepala desa, kepala sekolah, seluruh pengurus salut, staf marketing Kerjasama UT Jakarta serta mahasiswa UT khususnya yang ada di sekitar daerah kabupaten Bekasi.

Kehadiran Salut Janur Bekasi disambut antusias oleh mahasiswa UT yang ada di Kabupaten Bekasi dan sekitarnya. Adanya Salut Janur Bekasi ini semakin mempermudah dan mendekatkan akses layanan informasi akademik ke mahasiswa yang ada di daerah Kabupaten Bekasi. Hal ini sejalan dengan misi Univeritas Terbuka, salah satunya adalah untuk pemerataan akses pendidikan ke seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Terbuka menegaskan bahwa kehadiran Salut Janur Bekasi ini merupakan langkah strategis untuk mendukung mahasiswa dalam mengakses berbagai layanan akademik dan administrasi secara lebih mudah dan efisien. Salut merupakan perpanjangan tangan UT Daerah yang memiliki peranan sebagai tempat layanan administrasi akademik dan kegiatan akademik mahasiswa di daerah.

“Dengan adanya SALUT ini, mahasiswa tidak perlu lagi bepergian jauh ke kantor pusat atau unit layanan di kota lain untuk mendapatkan informasi dan bantuan akademik. Kami berharap SALUT Janur Bekasi dapat menjadi solusi bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka tepat waktu,” ujar Edward, Direktur UT Jakarta

SALUT Janur Bekasi  ini menyediakan berbagai layanan, antara lain:

  1. Informasi pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi mata kuliah.
  2. Konsultasi akademik terkait perkuliahan dan tugas.
  3. Pendampingan dalam penggunaan sistem pembelajaran daring UT.
  4. Fasilitas belajar bagi mahasiswa yang membutuhkan akses internet dan bahan referensi.

Mahasiswa UT yang berdomisili di wilayah Kabupaten Bekasi menyambut baik keberadaan SALUT ini. Mereka mengungkapkan bahwa layanan yang diberikan akan sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai kendala yang selama ini mereka hadapi, seperti keterbatasan akses informasi dan dukungan akademik akibat jarak yang jauh dari pusat layanan UT.

Dengan adanya SALUT Janur Bekasi, diharapkan mahasiswa Universitas Terbuka di wilayah ini dapat lebih terbantu dalam menyelesaikan studi mereka secara optimal. UT terus berkomitmen untuk memperluas akses pendidikan tinggi berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang memilih jalur pendidikan jarak jauh.

Bagi mahasiswa yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai layanan di SALUT Janur  Bekasi, dapat mengunjungi langsung lokasi Salut atau menghubungi kontak yang telah disediakan oleh pihak UT.

admin

Related Posts