SOSIALISASI 4 PILAR MPR BERSAMA ESQ DAN MAHASISWA FHISIP UT JAKARTA

Menjawab undangan Sekertariat Jenderal MPR RI tanggal 2 Desember 2021 yang ditujukan kepada Dekan FISIP Universitas Terbuka, UT Jakarta mengirimkan 22 mahasiswa pada hari sabtu 11 Desember 2021 untuk menghadiri kegiatan sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bekerjasama dengan ESQ Leadership Center. Mahasiswa UT Jakarta didampingi Bp. Yasir Riyadi selaku dosen pendamping hadir pukul 08.45 dan melakukan registrasi. Kami semua hadir dengan menerapkan protokol Kesehatan lengkap dan tidak lupa melakukan swab antigen sebelum menghadiri acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini. Kegiatan dibuka dengan icebreaking oleh MC dan Trainer dari ESQ untuk mencairkan suasana. Bukan hanya tanya jawab ringan tetapi juga menari tarian Maumere / Gemufamire. Para peserta sangat antusias dengan icebreaking yang dibawakan oleh tim ESQ ini.

Peserta diberikan motivasi agar selalu menanamkan pemikiran positif agar apa yang keluar dari diri peserta akan selalu positif seperti pernyataan “Lalat ditengah taman bunga, akan tetap mencari kotoran sementara kumbang ditengah kotoran akan tetap mencari kuncup bunga untuk diambil sarinya” mengapa ? Karena Fokus dari Lalat adalah kotoran dan fokus dari kumbang adalah sari bunga, begitu juga dengan fokus yang ada pada diri kita. Mari kita fokus pada hal-hal positif dengan slogan SAYA FOKUS..!! SAYA SEMAGAT..!! SAYA BAHAGIA..!!

Sementara sesi berikutnya diisi oleh Purnawirawan Polri yang juga sempat menjadi Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Nanan Soekarna memberikan 7 Budi Utama untuk menjadikan hidup lebih baik yaitu Jujur dipercaya, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerja sama, adil dan peduli.

Sesi pamungkas dibawakan oleh Ketua MPR RI Bp. Bambang Soesatyo dengan materi 4 Pilar MPR RI yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. Pada sambutannya Ketua MPR RI mengatakan bahwa kaum milenial yang hadir disini sebagai Agent of Chance atau Agen Perubahan dimana kita diharapkan agar menjadi pemimpin bangsa berikutnya, influencer yang bisa memberikan hal baik dan positif khususnya terkait 4 Pilar MPR RI ini. Kita ketahui bahwa TAP MPR No. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila sudah dicabut, BP-7 dibubarkan dan Mata Pelajaran Pancasila sebagai mata pelajaran pokok di sekolah dan perguruan tinggi dihapus, sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan penanaman Kembali nilai-nilai Pancasila pada seluruh rakyat Indonesia, yang mana salah satu caranya adalah dengan melakukan sosialisasi seperti saat ini dengan harapan para peserta sebagai agent of chance dapat memaksimalkan perannya di masyarakat.

 

Kontributor : Amatuz

Editor : Yasir Riady

 

Dok: