Mendapatkan promosi jabatan adalah keinginan banyak pekerja. Pasalnya, dengan promosi, kamu bisa mendapatkan kenaikan gaji. Lalu, bagaimana cara mendapatkan promosi?
Demi mendapatkan promosi, kamu bisa perlu mencari info perihal promosi atau perekrutan, mengikuti tes perekrutan, menempuh pendidikan peningkatan skill, hingga memenuhi beberapa kriteria yang ada. Ketahui selengkapnya mengenai cara mendapatkan promosi di sini!
10 Cara Mendapatkan Promosi Jabatan
Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan promosi jabatan:
1. Mencari Informasi Terkait Promosi
Hal pertama yang perlu kamu lakukan apabila ingin mendapatkan promosi, yakni mencari segala informasi tentang promosi. Mulai dari syarat, cara mendaftar, tes apa saja yang perlu dilakukan, serta apakah ada proses perekrutan atau agenda promosi dalam waktu dekat.
Ketika sudah memiliki semua informasi tersebut, tentu kamu akan lebih matang dalam mempersiapkan diri untuk berjuang mendapatkan promosi jabatan dan peluangnya pun akan lebih besar.
2. Mengikuti Proses Tes Kenaikan Jabatan
Selanjutnya, setelah mengetahui informasi perihal promosi, ikutilah tes kenaikan jabatan. Tes ini biasanya diadakan oleh beberapa perusahaan dan kamu dituntut untuk mengikutinya.
Namun, pastikan kamu mengikuti tes tersebut secara jujur. Pasalnya, pihak perusahaan biasanya melihat hal ini dan bahkan beberapa perusahaan menganggap kejujuran adalah hal utama.
3. Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan
Meningkatkan kualifikasi pendidikan juga bisa meningkatkan peluang promosi jabatan. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tertentu, demi meningkatkan kualitas kamu.
Namun, pastikan kamu mengikuti pelatihan yang relevan dengan pekerjaan kamu. Pertimbangkan juga untuk mendapatkan sertifikat profesional atau melanjutkan pendidikan formal di universitas terbaik, agar peluang kamu mendapatkan promosi semakin meningkat.
Tidak hanya itu, kamu bisa rajin mengikuti pelatihan yang diberikan perusahaan atau mengikuti pelatihan di luar untuk meningkatkan kualitas hasil pekerjaan kamu. Pastikan perusahaan mengetahui semua hal ini, agar peluang mendapatkan promosi semakin besar.
4. Bekerja Semaksimal Mungkin
Promosi jabatan bisa didapatkan jika hasil pekerjaan kamu bagus. Oleh sebab itu, cara mendapatkan promosi selanjutnya adalah dengan bekerja semaksimal mungkin.
Namun, bekerja maksimal tentu saja perlu kamu barengi dengan bekerja secara profesional. Hindari masalah pribadi mempengaruhi pekerjaan kamu! Sebaliknya, bekerjalah secara profesional, agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
5. Memperluas Relasi
Relasi yang luas juga bisa meningkatkan peluang kamu mendapatkan promosi jabatan. Adapun untuk memperluas relasi bisa kamu lakukan dengan cara mengikuti setiap acara perusahaan yang diadakan.
Pasalnya, di acara tersebut, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang dianggap penting di perusahaan tersebut. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu akan berkenalan dengan orang yang mungkin menjadi pembuat keputusan promosi di perusahaan.
Ini tentunya bisa meningkatkan peluang kamu mendapatkan promosi kedepannya.
6. Memberikan Hasil Kerja Terbaik
Bekerja secara maksimal, jika tidak dibarengi dengan hasil kerja yang baik, akan sangat percuma. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menunjukkan kinerja yang konsisten dan luar biasa dalam pekerjaan.
kamu bisa mulai dengan membuat target pekerjaan, untuk kemudian mencapainya sesuai dengan rencana, atau mungkin bisa melampaui target yang sudah ditetapkan.
7. Selalu Inisiatif
Di dalam pekerjaan, kita juga dituntut untuk selalu inisiatif dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. Terutama dalam menangani sebuah proyek, sebaiknya kamu bisa memecahkan masalah yang kompleks, tanpa diminta oleh atasan.
Akan lebih baik lagi, jika hasil dari pemecahan masalah tersebut tepat atau sesuai dengan keinginan atasan. Jadi, bisa dipastikan kamu akan mendapatkan promosi jabatan lebih cepat daripada yang kamu bayangkan.
8. Bangun Hubungan Baik dengan Atasan
Cara mendapatkan promosi jabatan selanjutnya adalah dengan membangun hubungan baik dengan atasan. Pasalnya, atasan merupakan orang yang berperan dalam mengambil keputusan saat promosi.
Kamu bisa menunjukkan komitmen dan hasil kerja kamu pada atasan. Ini sebagai bentuk meyakinkan atasan bahwa kamu adalah orang yang paling tepat untuk mendapatkan promosi.
9. Tunjukan Sikap Kepemimpinan dalam Tim
Di dalam setiap pekerjaan, kemampuan leadership merupakan hal utama. Oleh sebab itu, ini bisa menjadi tolak ukur atasan dalam menentukan siapa yang mendapatkan promosi jabatan.
Di dalam hal ini, kamu bisa menunjukkan kemampuan leadership pada atasan melalui kinerja kamu pada proyek yang membutuhkan kerja sama tim. Selain itu, kamu bisa menonjolkan diri kamu, terutama dalam hal pemecahan masalah proyek tersebut.
10. Tunjukkan Integritas dan Profesionalisme
Di dalam setiap pekerjaan, profesionalitas dan integritas adalah dua hal penting untuk dijaga. Adapun orang yang memiliki integritas yang tinggi dan profesional dalam bekerja, biasanya akan lebih cepat mendapatkan promosi jabatan.
Pasalnya, perusahaan yakin bahwa orang tersebut bisa mengembangkan perusahaan lebih baik kedepannya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu selalu menunjukkan integritas dan etika kerja yang tinggi dalam setiap aspek pekerjaan kamu.
Selain itu, sebaiknya kamu selalu bersikap profesional pada setiap interaksi dengan rekan kerja, atasan, dan klien. Apalagi untuk klien, sebaiknya kamu selalu bersikap profesional pada mereka, demi kelancaran pekerjaan dan meningkatkan peluang promosi ke depannya.
Sudah Tahu Cara Mendapatkan Promosi Jabatan?
Setelah mengetahui cara agar bisa mendapatkan promosi jabatan tersebut, selanjutnya kamu bisa coba terapkan sendiri. Namun, untuk meningkatkan peluang mendapatkan promosi, sebaiknya kamu meningkatkan kualifikasi pendidikan, salah satu caranya adalah dengan berkuliah di UT.
UT (Universitas Terbuka) Jakarta merupakan salah satu kampus berkualitas yang menyediakan kelas karyawan untuk para pekerja. Jadi, kamu bisa kuliah sambil kerja di UT.
Berkuliah di UT pun bisa meningkatkan peluang promosi. Pasalnya, kamu tidak hanya kuliah, tetapi juga mendapatkan pendidikan berkualitas melalui para pengajar profesional dan mata kuliah yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
Selain itu, UT sudah terakreditasi BAN-PT, dengan kualifikasi A dan B, jadi untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.
FAQ
Apa saja yang menjadi indikator dari promosi jabatan?
- Kejujuran
- Loyalitas
- Tingkat Pendidikan/Prestasi Kerja
- Pengalaman Kerja/Senioritas
Bagaimana cara agar bisa naik jabatan?
- Berikan Hasil yang Luar Biasa
- Inisiatif
- Ikuti Pendidikan dan Pelatihan
- Bangun Pengembangan Diri
- Bangun Hubungan dengan Atasan
- Perluas Networking
- Tunjukan Sikap Kepemimpinan dalam Tim
- Jelas dan Terbuka
Kapan kamu harus mendapatkan promosi?
Kamu bisa mendapatkan promosi jabatan dalam jangka waktu minimal 2 tahun. Selain itu, bekerja selama 4 hingga 5 tahun tanpa mendapatkan promosi jabatan akan beresiko merusak prospek karir di masa depan. Jadi, sebaiknya kamu mengusahakan untuk promosi jabatan dalam jangka waktu sebelum itu.
Bagaimana cara mendapatkan promosi jabatan dengan cepat?
- Bekerja keras
- Berkonsultasi dengan manajer
- Berikan ringkasan mingguan tentang apa yang telah kamu capai setiap minggu
- Buat mereka untuk melihat semua pekerjaan hebat yang kamu lakukan setiap minggunya.
Apa saja tujuan promosi jabatan?
Memperbaiki dan meningkatkan semangat kinerja karyawan serta menciptakan produktivitas level tinggi.