UNIVERSITAS TERBUKA JAKARTA BERSAMA IKA UT

SIAP SUKSESKAN SENTRA VAKSINASI “SINERGI SEHAT”

Jakarta. 09/08/2021. Universitas Terbuka Jakarta bersama Ikatan Alumni Universitas Terbuka bersama BAKTI Kominfo, Media Group, beserta 10 Rumah Sakit yang tergabung dalam Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI) terdiri dari RSCM, RS Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, RS PON, RS Soeharto Heerdjan, RSKO Jakarta, RS Persahabatan, RSJ Harapan Kita, RSAB Harapan Kita, dan RSK Dharmais, didukung oleh Danone Indonesia, membuka Sentra Vaksinasi “Sinergi Sehat” untuk 1000 peserta vaksin yang berasal dari mahasiswa UT, mitra UT, Alumni dan Keluarga Besar UT Jakarta serta masyarakat umum dengan menggunakan vaksin Sinovac. Kegiatan vaksinasi ini berlokasi di The Media Hotel dan Towers, Jakarta Pusat.

2021_0809_16491500.jpg

Sentra Vaksinasi bersama ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. bersama Ketua Umum IKA UT, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, M.Si., Direktur Universitas Terbuka Jakarta, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia/Direktur Utama RSCM, Direktur PPK BLU yang diwakili oleh Kasubdit Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU) II, Ketua ILUNI UI yang diwakili oleh Ketua Pelaksana Sentra Vaksinasi “Sinergi Sehat”, dan dihadiri oleh Perwakilan dari Bakti Kominfo, Perwakilan dari Media Group, dan Direktur dari Danone Indonesia.

Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D_0.jpgJenderal TNI (Purn) Moeldoko menyampaikan beberapa poin penting yang perlu diwujudkan bersama oleh semua pihak untuk menghadapi situasi pandemi Covid 19 seperti saat ini, yaitu Gotong Royong dan Kerja Nyata, Membantu dan Mendukung Kebijakan yang dilaksanakan Pemerintah, serta Menjalankan Vaksinasi dan Menerapkan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas) dan 3T (Testing, Tracing dan Treatment). Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menegaskan bahwa Ikatan Alumni Universitas Terbuka turut mendukung secara penuh mengatasi masalah pandemi Covid 19 ini dengan wujud keikutsertaan dalam program vaksinasi dan memberikan contoh yang baik terhadap prosedur kesehatan, kuncinya dengan pelaksanaan 5M dan menjalankan 3T yang dijalankan dengan sungguh-sungguh dan frekuensi yang tinggi.

2021_0809_16543900.jpg

Selain itu, Dr. Endang Mariani, M.Psi. selaku Ketua Pelaksana Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat juga menyampaikan bahwa kegiatan sentra vaksinasi perlu dukungan dari semua pihak, tidak hanya dari pemerintah namun semua instansi, perusahaan dan masyarakat juga perlu bersinergi bersama dalam menyukseskan program vaksinasi seperti ini. Hal yang sama juga ditegaskan oleh dr. Lies Dina Liastuti, Sp.JP(K), MARS., FIHA. selaku Ketua Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia/Direktur Utama RSCM bahwa wujud sinergi bersama secara nyata salah satunya dengan adanya Acara Sentra Vaksinasi “Sinergi Sehat” kolaborasi antara  ILUNI UI, ARVI, Bakti Kominfo dan Media Group didukung Danone Indonesia bersama Universitas Terbuka Jakarta dan IKA UT.

2021_0809_16540800.jpg

dr. Lies mengapresiasi Universitas Terbuka sebagai PTN pertama yang mencetus kerjasama untuk pelaksanaan sentra vaksinasi ini sebagai upaya untuk melindungi mahasiswa dan akademikanya serta keluarga besar dengan pelaksanaan vaksinasi. Harapannya, Perguruan Tinggi yang lain dapat mengikuti jejak Universitas Terbuka dalam mendorong mahasiswa, alumni dan keluarga besar Universitas Terbuka untuk turut serta melakukan vaksinasi. Anna Mariana selaku perwakilan dari PPK BLU menyetujui bahwa peluang kerjasama dalam kegiatan vaksinasi dari berbagai stakeholder pastinya akan diterima dengan sangat baik dalam wujud penanganan Pandemi di Indonesia sehingga diharapkan keadaan Indonesia akan kembali normal.

dr. Lies Dina Liastuti .jpg

Universitas Terbuka menyambut baik adanya kolaborasi dalam menyukseskan seluruh program pemerintah yang mendukung penanganan masalah pandemi Covid 19. Menurut Prof Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, saat ini memang harus ada upaya nyata dalam rangka penanganan Covid 19. Upaya apapun yang bersinergi dengan semua pihak perlu dilakukan agar Indonesia dapat terbebas dari kondisi pandemi yang terjadi saat ini, salah satunya dengan adanya kegiatan Sentra Vaksinasi “Sinergi Sehat” ini.

2021_0809_16471300.jpg

Universitas Terbuka sejak awal pendiriannya memiliki visi dan misi yang luhur untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan tinggi yang lebih layak. Universitas Terbuka dibangun untuk membuat masyarakat Indonesia lebih maju dan membanggakan. Dengan tag line Making Higher Education Open to All mewujudkan Indonesia sehat juga menjadi perioritasnya. Karena dengan sehat, setiap warganegara bisa menempuh pendidikan tinggi. Hal ini sejalan dengan tujuan diadakannya sentra vaksinasi “Sinergi Sehat” yaitu bersama sama memperjuangkan masyarakat Indonesia menjadi lebih maju, lebih sehat dan lebih sejahtera dengan caranya masing masing. Karena sejatinya dengan fisik yang sehat, masyarakat bisa lebih produktif untuk membangun perekonomian di Indonesia yang lebih baik lagi. 

“Mari kita wujudkan masyarakat sehat dengan saling berbagi dan bekerjasama”

 

Jakarta, 9 Agustus 2021.

Melisa Arisanty, S.I.Kom, M.Si

(Penanggung Jawab Sosialisasi Promosi UT Jakarta)

082181821244

Melisa.arisanty@ecampus.ut.ac.id