KETUA MPR RI BAMBANG SOESATYO BERIKAN KULIAH UMUM DI UNIVERSITAS TERBUKA

Jakarta (15/12), Universitas Terbuka mengadakan kuliah umum dengan pemateri Dr. Cand. H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. selaku ketua MPR Republik Indonesia. Dihadiri sekitar 200 mahasiswa dari Univesitas Terbuka Jakarta dan juga dibuka langsung oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dengan materi Ekonomi Kreatif di Era Digital. Saat ini ekonomi kreatif sedang tumbuh berkembang di Indonesia meskipun pandemi Covid-19 masih terus melanda. Ekonomi kreatif menjadi salah satu bidang yang diharapkan bisa dijadikan peluang bagi Indonesia berkembang maju dengan adanya bonus demografi yang didapatkan oleh negara ini di tahun 2030. Dalam ekonomi kreatif, diperlukan adanya gagasan yang inovatif dan juga kerja keras agar bisa terus berkembang, hal ini selaras dengan kemampuan menghadapi tantangan kemanuan teknologi yang ada di era digital saat ini.

Ekonomi kreatif memiliki banyak dampak di masyarakat diantaranya yaitu ekonomi kreatif menciptakan sumber daya yang terbarukan, merupakan kontribusi ekonomi negara, menunjukkan citra dan identitas bangsa, meningkatkan kualitas hidup dan pemerataan kesejahteraan sosial, juga menumbuhkan inovasi dan kreativitas masyarakat. 

Dilanjutkan dengan gelar wicara ( talkshow ) yang juga dihadiri oleh Irfan Hakim sebagai publik figure. Dipandu oleh Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si atau dikenal dengan Dian Budiargo. Talkshow ini membicarakan bahwa menghadapi era digital, kreativitas menjadi kunci utama agar tidak tergantikan oleh teknologi. Karena 'robot-robot pintar' memang bisa bekerja seperti manusia namun kreativitas tidak bisa tergantikan karena berasal dari pemikiran manusia. Irfan Hakim mengatakan "Mau sampai kapan kita hanya mempunyai rencana, strategi dan juga mimpi, kalau tidak menjadi nyata". Jangan takut untuk mencoba hal baru terus harus percaya diri dan yakin kita bisa untuk membuat sesuatu dengan kreativitas kita jangan hanya rencana mau sampai kapan mimpi kita hanya di mulut tunjukkan ke dunia kalau kita bisa dan harus yakin bahwa diri kita istimewa dan kreatif (Irfan hakim,2021). 
Pada generasi kita sekarang di era digital tidak ada yang tidak bisa semua dapat dijadikan usaha dan menghasilkan uang serta tidak ada yang Zero. Pada generasi ini tidak ada tidak bisa apalagi menyia-nyiakan waktu karena begitu kita melek sampai tertidur lagi kesempatan untuk memperoleh uang untuk memperoleh rezeki itu terbuka lebar kita bisa bahas apa saja ,Kita bisa ngomong apa saja, kita bisa skreatif mungkin. apa saja itu bergantung dengan diri kita dan keinginan kita serta kepercayaan dari diri kita yang ujungnya dapat memperoleh kesempatan dan kesuksesan kedepannya (Bambang Soesatyo,2021).
 

Penulis : Nur Aisah LPM Sukma / Ed : YR

 

Dok.

Screenshot_20211217-111411_WhatsApp_0.jpg

20211215085229_IMG_2734_0.JPG

20211215102508_IMG_2742_0.JPG

20211215115729_IMG_2747.JPG

20211215115748_IMG_2748.JPG