OSMB, Waktunya Daftar Pokjar Dan UKM

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) 2017.1 telah diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 18-19 Februari 2017 lalu di UPBJJ UT Jakarta. Tak seperti tahun-tahun lalu, kali ini UPBJJ UT Jakarta menggelar OSMB selama dua hari. Hal itu dikarenakan total mahasiswa baru (maba) yang mendaftar tahun ini mengalami peningkatan.

 

“OSMB Sabtu, dihadiri 655 maba dan Minggu, 728 maba. Dari total 2011 maba.” Ungkap Yasir, selaku staff bagian kemahasiswaan UPBJJ UT Jakarta, saat kami wawancarai via pesan singkat, Selasa (21/02/2017).

 

Sementara itu, di lorong pintu keluar UPBJJ, tampak meja-meja telah berjejer. Banner dan bendera pun telah dipasang oleh kawan-kawan dari berbagai Kelompok Belajar (Pokjar) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Bagi Pokjar dan UKM, OSMB merupakan event yang tak boleh dilewatkan. Karena lewat event inilah mereka melakukan perekrutan anggota baru.

 

Peran Pokjar dan UKM memang tak bisa dianggap remeh. UT sebagai kampus yang mengusung sistem belajar jarak jauh, secara tak langsung, mendidik mahasiswanya agar mampu belajar secara mandiri. Dalam proses belajar mandiri tersebut, mahasiswa juga dituntut untuk mampu kreatif dalam usahanya mempelajari materi kuliah.

 

Nah melalui Pokjar dan UKM inilah, mahasiswa UT dapat meningkatkan kreatifitas sekaligus mengembangkan wawasan serta minat bakatnya. Di sana pula kita bisa menambah banyak teman dan relasi.

 

Dari total 14 Pokjar & UKM yang ada di lingkup UPBJJ UT Jakarta, tercatat 11 Pokjar & UKM yang hadir pada OSMB 2017.1 lalu. Di antaranya yaitu :

 

LPM SUKMA (Suara Kreatifitas Mahasiswa),

HMI (Himpunan Mahasiswa Islam),

KONTAN (Komunitas Akuntansi),

MENWA (Resimen Mahasiswa),

GRIGI (Griya Sosiologi),

KOMPAK (Kelompok Belajar Jakarta Selatan),

FORSIH (Forum Studi Ilmu Hukum),

KEMPALA (Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam),

FILAR (Forum Ilmu Administrasi Negara),

FORBIK (Forum Belajar Ilmu Komunikasi) dan

KOMASKUM (Komunitas Mahasiswa Hukum).

 

Tiga lainnya yaitu Pokjar Karawang, Aikido dan MANIKA (Komunitas Bisnis Mahasiswa dan Alumni Universitas Terbuka) berhalangan hadir.

 

Bagi kamu calon ataupun yang sudah menjadi mahasiswa UT, ayo ikut bergabung di Pokjar dan UKM. Karena akan ada banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang hanya bisa kamu dapatkan jika ikut berorganisasi.

 

Sebagai contoh, kami, LPM Sukma, selain mengadakan pelatihan seputar pendidikan jurnalis bagi pers mahasiswa, kami juga mengadakan kegiatan lainnya seperti seminar, jelajah observasi dan bakti sosial. Kegiatan-kegiatan serupa juga sering diselenggarakan oleh Pokjar dan UKM lainnya.

 

Untuk mendaftarkan diri ke Pokjar dan UKM, caranya mudah. Silakan datang ke stand pokjar dan UKM pada saat OSMB, yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali di gedung UPBJJ. Atau bisa juga kepoin sosial media kami terutama di instagram, facebook atau twitter dan hubungi kontak yang tersedia. Silakan cari berdasarkan nama organisasi kami di atas. Tunggu apalagi ? Yuk jadi mahasiswa yang aktif dan terus berkarya.

(lpmsukma/par)

1 reply
  1. Marquetta Lehane
    Marquetta Lehane says:

    Hello there! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website? I’m getting tired of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at options for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =